Tugas 1 Teknologi Informasi dan Multimedia_ Pengertian Multimedia
12:18 AM
MULTIMEDIA
1. Pengertian
Multimedia
Multimedia adalah
penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan
teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna
dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia
informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game,
dan juga untuk membuat website.
2. Konsep
Dasar Multimedia
A. Teks
Adalah kata atau
kalimat yang dipakai untuk menjelaskan gambar dan simbol.Teks dapat membentuk
kata, surat atau narasi dalam multimedia yang dapat menyajikan bahasa kita.
Kebutuhan teks bergantung pada kegunaan aplikasi multimedia, misal game yang
membutuhkan teks lebih sedikit sedangkan ensiklopedi membutuhkan teks lebih
banyak. Lebih dari itu file teks mempunyai struktur linier sederhana. Meskipun
mungkin saja multimedia tanpa teks, kebanyakan sistem multimedia menggunakan
teks sebab teks sangat efektif untuk menyampaikan ide serta memberikan panduan
kepada pengguna.
B. Gambar
Gambar digunakan untuk
menarik perhatian dan mengurangi rasa bosan. Komponen ini sangat penting karena
gambar dapat mewakili banyak kata dan membuat informasi yang disampaikan lebih
menarik.
C. Suara
Suara dalam multimedia
digunakan untuk menciptakan suasana yang lebih hidup,menghilangkan rasa jenuh
dan memiliki daya tarik tersendiri bagi pengguna. Suara lebih menjelaskan
karakteristik suatu gambar, misalnya musik dan efek suara.
D. Video
Video sebagai
salah satu teknologi yang kaya dan hidup bagi suatu aplikasi multimedia dan
memberikan alternative baru dalam penyajian informasi multimedia. Ada empat
macam video yang dapat digunakan : Live video feed, video tape, video disc dan
digital video.
E. Animasi
Animasi berarti gerakan
image. Animasi digunakan untuk menciptakan visualisasi (penggambaran) obyek
bergerak, terdiri dari kumpulan gambar diletakkan pada framedan ditampilkan bergantian
pada suatu detik.
3. Pemanfaatan
Multimedia
Multimedia dapat ditempatkan dimana
saja selama masyarakat membutuhkan akses ke sumber informasi elektronik.
Multimedia mengubah sajian tradisional komputer yang berupa teks, menjadi suatu
media yang menarik perhatian dan keingintahuan. Penerimaan informasi menjadi
semakin baik, dan jika disusun secara baik, multimedia juga bisa menjadi amat
menghibur.
Multimedia juga menjembatani
dan menjangkau masyarakat yang sedikit alergi terhadap bentuk penyampaian
standard komputer kedalam bentuk yang lebih mudah dapat diterima dan mudah
digunakan. Pada bagian ini dijelaskan penggunaan multimedia didalam lingkup
rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan lingkup usaha / bisnis.
Multimedia di Rumah Tangga
Kebanyakan dari produk multimedia
sampai ke rumah-rumah lewat televisi biasa atau melalui jaringan komputer
pribadi (PC). Pada saat ini, konsumen dari produk multimedia sudah memiliki
komputer yang sudah terpasang CD-ROM Player atau televisi yang dihubungkan dengan
alat sejenis CD player, seperti Kodak Photo CD, Philips CD-I Player atau
Panasonic 3DD Player.
Alat-alat permainan seperti Nintendo, Sega, Playstation atau Atari sudah mulai
masuk kerumah-rumah. Banyak dari produk mereka menggunakan teknologi CD yang mengizinkan
multimedia masuk ke rumah tangga. Telah terjadi peningkatan penjualan atas
produk multimedia hiburan berbasis komputer dan produk game elektronik.
Kenyataan ini telah membuka suatu peluang baru bagi pemasaran multimedia, baik
untuk hiburan maupun untuk kepentingan usaha yang akan membuat kemudahan baik
bagi produsen maupun konsumen.
Multimedia Dalam Pendidikan
Barangkali dunia
pendidikan adalah dunia yang paling membutuhkan teknologi ini. Sistem
pendidikan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) mungkin akan mencapai sasarannya
dengan menggunakan teknologi ini. Para siswa dapat langsung melihat dan
mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya. Sebagai contoh, seorang siswa
membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam aplikasi tersebut siswa dapat memilih
periode dan subjek yang akan dipelajari, kemudian dilayar tampilan akan hadir
teks subjek disertai gambar, suara bahkan gambar hidup dari subjek yang
dipelajari. Perhatian siswa akan lebih terpusat dan rasa ingin tahunya akan
lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain karena merasa tertarik akan
media penyajiannya.
Anak-anak usia pra-sekolah dan TK (Taman Kanak-kanak) pun akan mendapat
keuntungan dari teknologi ini. Pada usia ini anak lebih tertarik kepada gambar
dan suara. Dengan bimbingan guru dan orang tua mereka dapat “menjelajahi” lebih
luas dan imajinasi merekapun akan lebih berkembang. Singkat kata teknologi
multimedia dapat memberikan arti baru bagi dunia pendidikan.
Multimedia di Tempat Umum
Hotel, stasiun, pusat
perbelanjaan, museum dan tempat tujuan wisata akan menjadi sasaran utama dalam
lingkup ini. Stand alone terminal dan kios k akan tersedia ditempat-tempat
tersebut guna memberikan informasi. Instalasi alat seperti ini akan mengurangi
penggunaan informasi tradisional dan personilnya. Alat ini dapat bekerja
sepanjang waktu, bahkan saat tengah malam, dimana tenaga konvensional tidak
tersedia.
Kios k disebuah pusat perbelanjaan dapat memberikan informasi tentang keadaan
pusat perbelanjaan tersebut mulai dari denah lantai, jenis toko sampai
penawaran diskon ditoko tersebut. Sebuah kios k disebuah hotel dapat memberikan
data restoran terdekat berikut foto dan suara penyanyinya, peta kota, jadwal
transportasi dan tempat wisata. Pemasangan printer biasanya disertakan agar
pemakai dapat membawa informasi tertulis. Kios k dibandara dapat memberikan
jadwal kegiatan bandara, daftar hotel dan apabila telah tersambung dengan
sistem jaringan terpadu dapat memberikan pelayanan pemesanan tiket pesawat dan
kamar hotel. Semua contoh aplikasi diatas menuju satu tujuan, yaitu penyampaian informasi
yang cepat, jelas, menarik dan efisien tanpa harus mengurangi nilai dari
informasi tersebut.
4. Multimedia
Dalam Pendidikan
Aplikasi multimedia pendidikan antara lain sebagai
perangkat lunak pembelajaran, memberikan fasilitas untuk mahasiswa atau siswa
untuk belajar mengambil keuntungan dari multimedia, belajar jarak jauh dan
pemasaran pendidikan.
Ruang Multimedia Dalam
Proses Pembelajaran
Ruang multimedia
adalah suatu ruangan dimana terdapat berbagai peralatan komunikasi elektronik
guna menunjang proses pembelajaran. Peningkatan mutu pembelajaran adalah
bertambahnya kualitas penyampaian materi pendidikan sehingga siswa lebih mudah
dalam menangkapnya.
Standar Internasional
pembelajaran berbasis ICT dapat dilaksanakan, salah satunya dengan penggunaan
ruang multimedia yang tersedia di sekolah. Ruang multimedia yang dimaksudkan
adalah ruangan yang di dalamnya terdapat beberapa komputer yang cukup
representatif untuk seluruh siswa dalam satu kelas dan sudah disetting dengan
LAN (Local Area Network), LCD untuk menayangkan presentasi guru, headphone di
tiap komputer untuk mendengarkan suara guru dari komputer induk, mikrophone dan
sound sistem yang berfungsi sebagai pengeras suara sehingga dapat terdengar
oleh seluruh siswa dalam kelas, sambungan internet, printer, AC (Air
Conditioning).
Dalam proses
pembelajaran menggunakan ruang multimedia, bentuk-bentuk informasi yang dapat
ditampilkan berupa kata-kata, gambar, video, musik, angka, atau tulisan tangan.
Bagi komputer, bentuk informasi tersebut, semuanya diolah dari data digital.
Sehingga memudahkan siswa menyerap dan mengingat materi-materi yang disampaikan
dalam proses pembalajaran.
5. Multimedia
Untuk Aplikasi Umum
Tujuan dari penggunaan multimedia di antaranya,
Multimedia dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian
suatu informasi, penggunaan multimedia dalam lingkungan dapat mendorong
partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut, aplikasi
multimedia dapat merangsang panca indera dan perasaan penerimanya, karena
dengan penggunaannya multimedia akan merangsang beberapa indera penting
manusia, seperti : Penglihatan, pendengaran, gerak maupun suara. Dalam
pengaplikasiannya multimedia akan sangat membantu penggunanya, terutama dalam
hal belajar. Dalam hal ini secara khusus bagi masyarakat awam.
Semakin berkembangnya
teknologi, semakin berkembang juga ilmu dan cara berpikir kita sebagai pengguna
teknologi itu. Dalam kehidupan sehari-hari, Internet telah memberikan banyak
manfaat bagi masyarakat dunia. Pada umumnya semua yang terdapat dalam kehidupan
kita terdapat dalam internet. Iklan internet mendefinisikan ulang arti dari
iklan dalam tulisan biasa. Iklan internet merupakan media kaya, dinamis, orang
ke orang, interaktif dan dapat menjangkau sejumlah besar orang dengan biaya
relatif murah. Iklan yang membayar operasi layanan web, seperti halnya iklan
yang menutup biaya siaran televisi sehingga kita dapat menonton televisi tanpa
membayar.
Multimedia mengubah cara orang
berbelanja. Daripada lelah menelusuri toko ke toko lain untuk memperoleh barang
dengan ukuran dan corak yang anda inginkan dan kemudian anda harus antri di
kasir, dengan layanan teleshopping atau home shopping memungkinkan anda
berbelanja dari rumah.
Menurut Sutopo (2003 : 22), multimedia dapat digunakan untuk bermacam-macam
bidang pekerjaan, tergantung dari kreatifitas untuk mengembangkannya. Setelah
mengetahui defenisi dari multimedia serta elemen-elemen multimedia yang ada,
serta aplikasi-aplikasi yang saat ini digunakan pada bidang kehidupan manusia,
maka dapat diketahui bahwa tujuan dari penggunaan multimedia adalah sebagai
berikut :
1. Multimedia dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari
penyampaian suatu informasi.
2. Penggunaan multimedia dalam lingkungan dapat mendorong partisipasi,
keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut.
3. Aplikasi multimedia dapat meransang panca indera, karena dengan
penggunaannya multimedia akan meransang beberapa indera penting manusia, seperti
: Penglihatan, pendengaran, aksi maupun suara.
Tujuan dari penggunaan
multimedia adalah sebagai berikut :
1. Multimedia dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari
penyampaian suatu informasi.
2. Penggunaan multimedia dalam lingkungan dapat mendorong partisipasi,
keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut.
3. Aplikasi multimedia dapat meransang panca indera, karena dengan
penggunaannya multimedia akan meransang beberapa indera penting manusia,
seperti : Penglihatan, pendengaran, aksi maupun suara.
Multimedia memiliki banyak
kegunaan dalam kehidupan sehari-hari dalam segala bidang, seperti bidang
pendidikan, bidang industri, bidang kesehatan dll. Baik untuk pekerjaan,
kegiatan di rumah, hiburan atau lain sebagainya. Beberapa contoh kegunaan
multimedia:
1. Bidang periklanan yang efektif dan interaktif.
2. Bidang industri, seperti dalam pembuatan prototype cara kerja mesin.
3. Bidang kesehatan, seperti dalam penyuluhan dan himbauan kepada masyarakat.
4. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan
dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara,
video, animasi, teks, dan grafik.
5. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang
menarik, informatif, dan interaktif, dan lain-lain.
6. Internet
Based
Based adalah suatu sistem atau proses yang
menghubungkan penguna internet dengan berbagai macam sumber pengetahuan yang
saling berinteraksi baik secara synchronous maupun asynchronous berbasis
teknologi informasi dengan antarmuka web
sumber:
http://chievan.blogspot.co.id/2010/04/pemanfaatan-multimedia.html
http://elektroengineering.blogspot.co.id/2013/03/multimedia-untuk-aplikasi-umum.html
http://sriwahyufirdaus.blogspot.co.id/2013/03/konsep-dasar-multimedia.html
http://andriblogg99.blogspot.co.id/p/multimedia-dalam-bidang-pendidikan.html
0 comments