REVIEW CASH FLOW (ALIRAN UANG)
7:50 AM
ALIRAN UANG (CASH FLOW) DAN PENGGUNAAN DANA
A. LATAR BELAKANG
Seringkali sangat
bermanfaat untuk membuat suatu laporan keuangan tertentu yang dapat
dipergunakan sebagai alat untuk mengevaluasi operasi-operasi perusahaan baik
pada masa lalu maupun pada masa sekarang. Laporan tentang sumber dan penggunaan
dana akan memungkinkan seorang manajer keuangan untuk menganalisa sumber-sumber
dan penggunaan dana secara historis yang terdapat di dalam perusahaan.
Kadang-kadang laporan ini
dipergunakan untuk membuat forecasting, dan kekuatan utamanya terletak pada
kegunaannya dalam mengevaluasi sumber-sumber dan penggunaan modal jangka
panjang (sources and uses of long term funds).
Pemahaman tentang pola
pemakaian dana pada masa lampau akan memungkinkan seorang manajer keuangan
untuk membuat rencana rencana yang lebih baik sehubungan dengan kebutuhan dan
baik jangka pendek maupun jangka panjang.
Budget kas adalah suatu
alat yang dapat dipergunakan oleh manajer keuangan untuk meramalkan atau
memperkirakan kebutuhan-kebutuhan dana jangka pendek dan untuk mengetahui
kelebihan/kekurangan uang kas selama periode budget. Seperti halnya dengan
laporan sumber dan penggunaan dana. budget kas sering pula disebut dengan
istilah “cash forecast”, tetapi dalam tulisanini istilah “budget kas”lah yang
akan dipergunakan.
B. TUJUAN PENULISAN.
Adapun tujuan umum dari
penulisan ini yaitu untuk lebih meningkatkan pengetahuan penulis dan wawasan
mengenai laporan sumber dan penggunaan dana dan budget kas pada perusahaan.
Adapun tujuan khusus bagi penulis dan pembaca yaitu:
1. Untuk menambah pengetahuan penulis dalam
pembuatan suatu makalah atau karya tulis atau skripsi.
2. Untuk memenuhi tugas-tugas yang diberikan
oleh dosen kepada kami.
3. Sebagai bahan diskusi pada mata kuliah
ini.
C. RUMUSAN MASALAH.
Adapun beberapa
permasalahan yang akan penulis paparkan dengan singkat yaitu:
1. Apa pengertian dari analisa dana dalam
artian kas dan modal kerja?
2. Bagaimana langkah-langkah dalam
menganalisa sumber-sumber dan penggunaan dana?
3. Bagaimana tahap-tahap penyusunan laporan
sumber dan penggunaan dana?
Langkah-langkah dalam menganalisa
sumber-sumber dan penggunaan dana:
1. Penyusunan laporan perubahan neraca
(statements of balance sheets changes).
Laporan ini menggambarkan perubahan dari
masing-masing elemen neraca antara kedua titik waktu dan setiap perubahan
elemen tersebut mencerminkan adanya sumber dan penggunaan dana.
2. Laporan sumber-sumber dan penggunaan dana.
Laporan ini berasal dari gabungan antara laporan perubahan neraca dan laporan
laba ditahan. Pengertian dana yang digunakan dalam analisa sumber – sumber dan
penggunaan dana disebut kas (artian sempit) dan modal kerja (artian luas).
Dana dalam Artian Kas.
Dana yang akan dianalisis nantinya bisa dalam
pengertian kas, artinya setiap ada perubahan elemen-elemen yang ada pada
laporan keuangan akan menambah atau mengurangi kas. Oleh karena itu, laporannya
disebut sebagai laporan sumber dan penggunaan kas. Laporan sumber dan
penggunaan kas ini disusun untuk menunjukkan perubahan kas selama satu periode
dan memberikan alasan mengenai perubahan kas tersebut dengan menunjukkan
darimana sumber-sumber kas dan penggunaan-penggunaannya.
Dalam menyusun Laporan sumber-sumber dan
penggunaan dana di mana dana adalah dalam artian Kas, langkah-langkahnya adalah
sebagai berikut:
1. Menyusun Laporan perubahan Neraca, yang
menggambarkan perubahan masing- masing elemen neraca antara dua titik waktu
yang akan dianalisa (bulanan atau tahunan).
2. Mengelompokkan perubahan-perubahan
tersebut dalam golongan perubahan- perubahan yang memperbesar kas dan golongan
perubahan-perubahan yang memperkecil jumlah kas.
Dana dalam Artian Modal Kerja.
Perusahaan menyusun Laporan Sumber-sumber dan
penggunaan dana atas dasar modal atau sering pula disebut Laporan sumber-sumber
dan Penggunaan Modal Kerja. Modal kerja di sini adalah dalam artian neto yaitu
kelebihan aktiva lancar di atas Utang lancar. Dalam laporan ini tidak tercantum
di dalamnya sumber-sumber dari penggunaan dana yang berasal dari unsur-unsur
modal kerja sendiri, karena perubahan-perubahan yang hanya menyangkut
unsur-unsur aktiva lancar dan utang lancar saja – kedua accounts tsb disebut “current
accounts” – tidak akan mengakibatkna – perubahan jumlah modal kerja (neto).
Adapun langkah-langkah dalam penyusunan
laporan sumber-sumber dan penggunaan modal kerja adalah:
1. Menyusun laporan perubahan modal kerja.
Menggambarkan perubahan dari masing- masing unsure modal kerja atau unsure
current accounts antara dua titik waktu. Dapat diketahui adanya kenaikan atau
penurunan modal kerja beserta besarnya perubahan modal kerja.
2. Mengelompokkan perubahan-perubahan dari
unsur-unsur non-current accounts antara dua titik waktu tersebut ke dalam
golongan yang mempunyai efek memperbesar modal kerja dan golongan yang
mempunyai efek memperkecil modal kerja.
D. HASIL dan PEMBAHASAN
Pengertian Sumber-Sumber dan Penggunaan Dana.
Laporan keuangan yang dihasilkan oleh
perusahaan dari periode ke periode atau dari tahun ke tahun dapat dimanfaatkan
untuk mengetahui dan mendeteksi aliran dana yaitu darimana sumber dana itu
berasal atau dihasilkan dan untuk apa serta bagaimana dana tersebut digunakan
atau dibelanjakan. Kita dapat mengetahui dan mendeteksi aliran dana tersebut
dengan cara membandingkan laporan keuangan dari dua tahun yang berurutan. Maka
dapat kita simpulkan bahwa suatu cara analisis yang digunakan untuk mempelajari
bagaimana suatu perusahaan melaksanakan kebijakan-kebijakan dalam rangka
memperoleh dana dan menggunakan dana tersebut sering disebut sebagai Analisis
Sumber dan Penggunaan Dana.
E. KESIMPULAN
Dari pembahasan di atas, dapat saya simpulkan
bahwa laporan keuangan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi perusahaan
untuk dapat mengatur atau memanage perusahaanya agar dapat mengambil keputusan
yang tepat guna kemaajugaan perusahaanya.
Dari laporan keuangan tersebut kita dapat
melihat sumber dana beserta aliranya, darimana dana tersebut di dapat dan
kemana dana tersebut dikeluarkan atau di belanjakan, kitadaat mengetahui aliran
dana tersebut dengan membandingan dari laporan keuangan dalam dua periode tertentu.
Oleh karena itu sebuat perusahaan wajib
membuat laporan keuangan agar perusahaan itu di di manage dengan baik. Dimana
laporan keuangan tersebut akan berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan
tersebut. Laporan keuangan yang dibuat antara lain seperti Neraca Saldo,
Ihktisar Laba-Rugi, Laporan Perubahan Modal dll.
0 comments