REVIEW CASH FLOW (ALIRAN UANG)

7:50 AM

ALIRAN UANG (CASH FLOW) DAN PENGGUNAAN DANA

A. LATAR BELAKANG
Seringkali sangat bermanfaat untuk membuat suatu laporan keuangan tertentu yang dapat dipergunakan sebagai alat untuk mengevaluasi operasi-operasi perusahaan baik pada masa lalu maupun pada masa sekarang. Laporan tentang sumber dan penggunaan dana akan memungkinkan seorang manajer keuangan untuk menganalisa sumber-sumber dan penggunaan dana secara historis yang terdapat di dalam perusahaan.

Kadang-kadang laporan ini dipergunakan untuk membuat forecasting, dan kekuatan utamanya terletak pada kegunaannya dalam mengevaluasi sumber-sumber dan penggunaan modal jangka panjang (sources and uses of long term funds).

Pemahaman tentang pola pemakaian dana pada masa lampau akan memungkinkan seorang manajer keuangan untuk membuat rencana rencana yang lebih baik sehubungan dengan kebutuhan dan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Budget kas adalah suatu alat yang dapat dipergunakan oleh manajer keuangan untuk meramalkan atau memperkirakan kebutuhan-kebutuhan dana jangka pendek dan untuk mengetahui kelebihan/kekurangan uang kas selama periode budget. Seperti halnya dengan laporan sumber dan penggunaan dana. budget kas sering pula disebut dengan istilah “cash forecast”, tetapi dalam tulisanini istilah “budget kas”lah yang akan dipergunakan.

B. TUJUAN PENULISAN.
Adapun tujuan umum dari penulisan ini yaitu untuk lebih meningkatkan pengetahuan penulis dan wawasan mengenai laporan sumber dan penggunaan dana dan budget kas pada perusahaan. Adapun tujuan khusus bagi penulis dan pembaca yaitu:
1. Untuk menambah pengetahuan penulis dalam pembuatan suatu makalah atau karya tulis atau skripsi.
2. Untuk memenuhi tugas-tugas yang diberikan oleh dosen kepada kami.
3. Sebagai bahan diskusi pada mata kuliah ini.

C. RUMUSAN MASALAH.
Adapun beberapa permasalahan yang akan penulis paparkan dengan singkat yaitu:
1. Apa pengertian dari analisa dana dalam artian kas dan modal kerja?
2. Bagaimana langkah-langkah dalam menganalisa sumber-sumber dan penggunaan dana?
3. Bagaimana tahap-tahap penyusunan laporan sumber dan penggunaan dana?

Langkah-langkah dalam menganalisa sumber-sumber dan penggunaan dana:
1. Penyusunan laporan perubahan neraca (statements of balance sheets changes).
Laporan ini menggambarkan perubahan dari masing-masing elemen neraca antara kedua titik waktu dan setiap perubahan elemen tersebut mencerminkan adanya sumber dan penggunaan dana.
2. Laporan sumber-sumber dan penggunaan dana. Laporan ini berasal dari gabungan antara laporan perubahan neraca dan laporan laba ditahan. Pengertian dana yang digunakan dalam analisa sumber – sumber dan penggunaan dana disebut kas (artian sempit) dan modal kerja (artian luas).

Dana dalam Artian Kas.
Dana yang akan dianalisis nantinya bisa dalam pengertian kas, artinya setiap ada perubahan elemen-elemen yang ada pada laporan keuangan akan menambah atau mengurangi kas. Oleh karena itu, laporannya disebut sebagai laporan sumber dan penggunaan kas. Laporan sumber dan penggunaan kas ini disusun untuk menunjukkan perubahan kas selama satu periode dan memberikan alasan mengenai perubahan kas tersebut dengan menunjukkan darimana sumber-sumber kas dan penggunaan-penggunaannya.

Dalam menyusun Laporan sumber-sumber dan penggunaan dana di mana dana adalah dalam artian Kas, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Menyusun Laporan perubahan Neraca, yang menggambarkan perubahan masing- masing elemen neraca antara dua titik waktu yang akan dianalisa (bulanan atau tahunan).
2. Mengelompokkan perubahan-perubahan tersebut dalam golongan perubahan- perubahan yang memperbesar kas dan golongan perubahan-perubahan yang memperkecil jumlah kas.

Dana dalam Artian Modal Kerja.
Perusahaan menyusun Laporan Sumber-sumber dan penggunaan dana atas dasar modal atau sering pula disebut Laporan sumber-sumber dan Penggunaan Modal Kerja. Modal kerja di sini adalah dalam artian neto yaitu kelebihan aktiva lancar di atas Utang lancar. Dalam laporan ini tidak tercantum di dalamnya sumber-sumber dari penggunaan dana yang berasal dari unsur-unsur modal kerja sendiri, karena perubahan-perubahan yang hanya menyangkut unsur-unsur aktiva lancar dan utang lancar saja – kedua accounts tsb disebut “current accounts” – tidak akan mengakibatkna – perubahan jumlah modal kerja (neto).

Adapun langkah-langkah dalam penyusunan laporan sumber-sumber dan penggunaan modal kerja adalah:
1. Menyusun laporan perubahan modal kerja. Menggambarkan perubahan dari masing- masing unsure modal kerja atau unsure current accounts antara dua titik waktu. Dapat diketahui adanya kenaikan atau penurunan modal kerja beserta besarnya perubahan modal kerja.
2. Mengelompokkan perubahan-perubahan dari unsur-unsur non-current accounts antara dua titik waktu tersebut ke dalam golongan yang mempunyai efek memperbesar modal kerja dan golongan yang mempunyai efek memperkecil modal kerja.

D. HASIL dan PEMBAHASAN
Pengertian Sumber-Sumber dan Penggunaan Dana.
Laporan keuangan yang dihasilkan oleh perusahaan dari periode ke periode atau dari tahun ke tahun dapat dimanfaatkan untuk mengetahui dan mendeteksi aliran dana yaitu darimana sumber dana itu berasal atau dihasilkan dan untuk apa serta bagaimana dana tersebut digunakan atau dibelanjakan. Kita dapat mengetahui dan mendeteksi aliran dana tersebut dengan cara membandingkan laporan keuangan dari dua tahun yang berurutan. Maka dapat kita simpulkan bahwa suatu cara analisis yang digunakan untuk mempelajari bagaimana suatu perusahaan melaksanakan kebijakan-kebijakan dalam rangka memperoleh dana dan menggunakan dana tersebut sering disebut sebagai Analisis Sumber dan Penggunaan Dana.

E. KESIMPULAN
Dari pembahasan di atas, dapat saya simpulkan bahwa laporan keuangan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi perusahaan untuk dapat mengatur atau memanage perusahaanya agar dapat mengambil keputusan yang tepat guna kemaajugaan perusahaanya.
Dari laporan keuangan tersebut kita dapat melihat sumber dana beserta aliranya, darimana dana tersebut di dapat dan kemana dana tersebut dikeluarkan atau di belanjakan, kitadaat mengetahui aliran dana tersebut dengan membandingan dari laporan keuangan dalam dua periode tertentu.
Oleh karena itu sebuat perusahaan wajib membuat laporan keuangan agar perusahaan itu di di manage dengan baik. Dimana laporan keuangan tersebut akan berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan tersebut. Laporan keuangan yang dibuat antara lain seperti Neraca Saldo, Ihktisar Laba-Rugi, Laporan Perubahan Modal dll.


You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

-

Instagram

-